Aneka Ragam Wisata Kuliner Padang Bukittinggi



January 2018, saya bergabung dengan tur kuliner yang diatur oleh milis JalanSutra ke Sumatra Barat. Saya belum pernah ke Sumatera Barat sebelumnya, jadi saya rasa lebih aman untuk pergi dengan kelompok yang berpengalaman, ditambah lagi saya harus mencoba lebih banyak tempat makanan daripada jika saya bepergian sendiri. 

Di antara begitu banyak masakan Indonesia, makanan Padang / Minangkabau duduk di atas favorit saya karena saya suka hidangan kaya & pedas. Jadi tanpa banyak bicara, inilah yang saya coba pada 3 malam dan 4 hari kami di Padang, Padang Panjang, Bukit Tinggi dan Batu Sangkar. Nikmati!

Berikut Aneka Ragam Wisata Kuliner Di Padang

Ayam Goreng di RM. Pagi Sore

Segera setelah kami mendarat di Padang, kami pergi ke RM Pagi Sore. Tempat ini adalah salah satu tempat yang wajib dikunjungi di Padang, terletak di Simpang Kinol , daerah pecinan / Chinatown, tempat ini telah beroperasi selama lima dekade. Populer untuk kampung ayam goreng mereka yang rasanya begitu enak dijilat, sehingga memakannya tidak pernah cukup, dagingnya empuk dan enak. Rendang mereka dan hidangan lainnya juga baik.

RM Pagi Sore
Jl Pondok 143
Area Taman,
Padang, Sumatra Barat

Sate Padang Mak Syukur

RM. Sate Padang Mak Syukur adalah tempat lain untuk dicoba di Sumatra Barat. Terletak di Padang Panjang, tempat ini menyajikan sate Padangnese gaya Padang Panjang. Perbedaan antara gaya Pariaman dan gaya Padang Panjang ada dalam kaldu. Kaldu Padang Panjang lebih kekuningan dari penggunaan kunyit, sedangkan gaya Pariaman lebih kemerahan dan pedas. Kaldu dibuat dari kaldu jeroan dengan banyak rempah-rempah seperti kunyit, jahe, bawang putih, ketumbar, akar lengkuas, jintan, bubuk kari, dll. Mak Syukur sudah memiliki banyak cabang di Jakarta, tetapi mencobanya di lokasi aslinya pasti merupakan harus.


RM. Sate Mak Syukur
Jl. Sutan Syahrir Silaing Bawah
Padang Panjang
ph +62 (752) 83919

Bika Talago

Bika Talago adalah tempat sederhana yang menyajikan camilan manis tradisional Minangkabau yang disebut Bika . Itu tampak seperti pancake, dibuat dengan campuran tepung beras, santan, abon dan gula. Anda juga dapat menyaksikan proses pembuatan Kue Bika , karena mereka memiliki proses pembuatan kue yang sangat unik, yang memanfaatkan api kayu tradisional dengan sistem pemanas atas dan bawah. camilannya ringan dan manis, paling enak dimakan saat hangat / panas.


Bika Talago
Jl Raya Padang Bukittinggi
Koto Baru
Padang Panjang

Aie Badarun

Masih di daerah Padang Panjang, kami mampir ke RM Aie Badarun untuk makan malam. Ini adalah restoran populer yang menyajikan hidangan Minangkabau. Seperti biasa di restoran Padang / Minang, mereka menyajikan hidangan di piring kecil yang dikenal sebagai gaya hidang dan kami hanya membayar untuk piring yang kami makan. Tapi yang membuat saya takjub adalah mereka meletakkan di meja kami lebih dari 20 piring penuh dengan banyak hidangan lezat yang membuat kami ingin mencoba semuanya. Sebagian besar hidangan tidak umum di restoran Padangnese di Jakarta. 

Saya tidak ingat semua nama hidangan yang kami coba malam itu, beberapa di antaranya adalah palai telur ikan, telur pical (salad gado-gado / sayuran versi Minang dengan saus selai kacang), sambalado canguak (saus cabai merah yang dibuat dengan tambahan air matang yang dimasak), dan yang paling enak adalah gulai pensi (dibuat dari sejenis siput kecil, dimasak dengan santan pedas) yang kami coba sedikit (seringai jahat).


RM Aie Badarun (Masakan Khas Kampung)
Jl. Raya Padang Panjang Bukit Tinggi KM 6
Telp. (0752) 7006699

Katupek Pical Tek Apuak

Tek Apuak terletak di tengah-tengah banyak kedai makanan di Pasar Lereng (pasar tradisional yang terletak di daerah yang landai) tidak jauh dari Jam Gadang dan kami menikmati ini untuk sarapan. Keistimewaan Tek Apuak adalah katupek pical , yang hidangannya terdiri dari ketupat / kue beras dengan sayuran kukus, mie, saus selai kacang dan basah kuyup di gulai cubadak (nangka muda direbus dalam kaldu santan pedas). Itu sama baiknya dengan yang didapat! Juga, jangan lupa memesan segelas teh / kopi tahlua (teh / kopi disajikan dengan tambahan telur mentah). Kopi tahlua mereka menurut saya terasa seperti tiramisu cair.

Tek Apuak
Los Lambuang, Pasar Lereng
Bukit Tinggi

Gulai ItiaK Lado Mudo Ngarai

Tepat di kaki ngarai sianok / tebing yang indah, ada tempat yang menyajikan Itiak Lado Mudo (daging bebek muda yang dimasak dengan saus cabai hijau pedas). Dagingnya lezat, sangat lezat dan pedas. Ini akan membuat Anda berkeringat mati-matian saat memakannya. Tidak diragukan lagi, Itiak Lado Mudo terbaik yang pernah saya rasakan sejauh ini. Pasti harus dicoba bagi mereka yang suka makanan pedas.


RM. Gulai ItiaK Lado Mudo “Ngarai”
Jl. Ngarai Binuang No. 41
Ngarai
Bukittinggi
ph. +62 (752) 35574

Ayam Pop di RM Family Benteng

RM Family Benteng terkenal dengan ayam pop mereka , jadi tentu saja kami berhasil mencobanya walaupun tidak ada dalam jadwal tur. Ayam pop adalah hidangan Minang terkenal yang dibuat dari daging ayam muda tanpa kulit yang direbus dalam air kelapa, dan kemudian digoreng dengan minyak kelapa “dingin”, menghasilkan ayam pucat yang terasa manis dan segar, disajikan dengan saus cabai tomat ringan. Rasanya enak, tapi saya masih lebih suka yang disajikan di RM. Indah Jaya Minang di Alam Sutera.

Rumah Makan & Restoran
Keluarga Benteng Indah
Jalan Yos Sudarso No. 3
Bukittinggi
ph. +62 (752) 21102/626299
Jam buka: Sen-Min, 08.00 - 21.00

Nasi Kapau Uni Lis

Terletak di Pasar Ateh (pasar atas) Bukit Tinggi, ini adalah tempat yang harus dicoba untuk Nasi Kapau . Nasi Kapau adalah jenis hidangan yang berasal dari Desa Kapau (Desa Kapau) - sekitar 40 menit dari Bukit Tinggi. Keistimewaan di Nasi Kapau Uni Lis adalah Gulai Tambusu , hidangan yang terbuat dari usus sapi yang diisi dengan telur dan tahu, dimasak dalam saus kelapa susu pedas. Penampilannya mungkin tidak menarik, tapi percayalah, ini sangat enak dan gurih. Saya dapat dengan mudah makan 2 porsi nasi dengan gulai tambusu ini .


RM Simpang Raya

Restoran khas Minang, berlokasi strategis tepat di seberang jalan dari monumen Jam Gadang . Kami pergi ke sini untuk makan malam, karena kami masih cukup kenyang dari semua makanan yang kami makan, kami hanya mencoba gulai otak yang dimasak dengan santan pedas, soto padang dan top tomat . Kami ingin tahu apa yang dimaksud dengan top tomat , dan ternyata menjadi minuman hangat yang terdiri dari irisan tomat dengan susu hangat dan telur mentah (ya, mentah). Kami pikir minumannya mungkin terasa aneh, tetapi rasanya cukup enak.


RM Simpang Raya
Jl. Ahmad Yani
Bukittinggi
ph +62 (752) 22585
fx +62 (752) 21060

Nasi Kapau Uni Des

Keesokan harinya, setelah check out dari hotel kami, kami pergi mencari penjual nasi kapau yang terkenal. Yang kami kejar adalah saudara perempuan Uda Afdal (yang menjual nasi kapau di World Street Food Congress (WSFC) sebelumnya di Singapura) bernama Uni Lis. 

Tidak ada lokasi pasti dari kios, mereka bergerak / beroperasi tergantung pada hari pasar. Hari itu mereka membuka warung di pasar tradisional Haur Kuning. Ini pondok kayu yang sangat sederhana, tetapi hidangannya cukup serius, mulai dari rendang ayam hitam, gulai tambusu, gulai tunjang, dendeng batokok, asam padeh, pangek ikan mas dan banyak lagi.

 Mereka menjelaskan bahwa semua hidangan tidak menggunakan MSG (mono sodium glutamate), jadi Anda dapat benar-benar merasakan masakan apa adanya. Meskipun saya harus mengakui bahwa hidangannya cukup bagus, saya pikir tidak ada salahnya untuk meningkatkannya dengan pesan singkat.


Kopi Kawa Daun Kiniko

Kami mampir ke tempat ini untuk mencoba minuman yang disebut kopi kawa daun yang secara harfiah adalah minuman yang terbuat dari daun kopi asap. Jadi itu terlihat seperti teh, tetapi memiliki aroma kopi.


RM Pondok Flora BatuSangkar

Kami makan siang di RM Flora hari itu, tempat ini terkenal dengan ikan bakar mereka, tetapi kami perhatikan bahwa beberapa hidangan mereka seperti ... juga terasa sangat enak, ditambah pemandangan dari tempat ini menakjubkan.

RM. Pondok Flora
Jl. Raya Batusangkar - Sungai Tarab
+62 (752) 57922

Restoran Makanan Cina Apolo

Hujan deras saat kami tiba di Padang hari itu, kami memutuskan untuk beristirahat dari semua hidangan orang Minang dan berhenti di Apolo Chinese Food Restaurant untuk makan malam. Kami memesan cap cai , sapi lada hitam , ayam kung pao , fu yung hai , cumi goreng tepung dan nasi goreng untuk dibagikan. Meskipun semua hidangan di restoran ini tidak mengandung babi, itu cukup baik.

Es Durian di Ganti nan Lamo & Iko Gantinyo

Ada dua tempat terkenal yang menawarkan makanan penutup durian di dekat tempat kami makan malam. Yang tertua adalah Ganti Nan Lamo dan yang lebih baru, terletak tepat di depan yang pertama disebut Iko Gantinyo . Kami mencoba keduanya dan kami semua sepakat bahwa es Durian di Ganti Nan Lamo terasa jauh lebih baik daripada yang terakhir.

Untuk menjelajahi semua wisata kuliner dan heritage di Padang dan Bukittinggi, anda bisa memesan Paket tour Padang Bukittinggi di Bintan Travel di situs horewsiata.com yang tentunya akan melayani dengan terbaik dan menyenangkan. Anda bisa hubungi di +62 822 74 555 333 untuk jawaban cepat dan medapatkan informasi lengkap.








Komentar

  1. Selamat Datang,
    PT. Yasmira Wisata Utama merupakan Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umrah berizin dengan no 376/2017 yang berada di kota Medan, Provinsi Sumatera Utara, Indonesia.
    Layanan yang kami tawarkan adalah Specialis Muslim Packages dibeberapa tujuan wisata, baik Domestik maupun Internasional.
    Paket Internasional yang kami tawarkan seperti Paket Umrah dan Paket Wisata Luar Negeri.
    Paket Umrah yang kami tawarkan dengan berbagai pilihan hari mulai dari 10 hari, 11 hari, 12 hari, 13 hari dan 14 hari dengan harga dan fasilitas yang menarik serta penawaran hotel berbintang yang berada Masjidil Haram dan Masjidil Nabawi.
    Paket Wisata Luar Negeri yang kami tawarkan dengan berbagai tujuan negara seperti Thailand, Malaysia, Singapore, Brunai, Jepang, Korea Selatan, Turki , Dubai dan lainnya dengan harga dan fasilitas yang menarik.
    Paket Domestik yang kami tawarkan seperti Paket Wisata Halal
    Paket Wisata Halal diberbagai tujuan wisata di Indonesia seperti Danau Toba, Medan, Berastagi, Pulau Derawan, Bali, Lombok, Raja Ampat, Sumba dan Lainnya dengan harga dan fasilitas yang menarik
    Rasakan sensasi berbeda dengan Paket Domestik dan Paket Internasional yang kami tawarkan.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengganti Gula Yang Lebih Sehat

Nikmati Wisata Bintan Di Agro Beach Resort